logo
Search

Article

Search

5 Cara Aman Membeli Rumah Secara Online

Wed, 28 Jul 2021

0 Komentar

Jakarta – kemajuan teknologi memberikan kemudahan dalam proses membeli atau menjual rumah. berbagai fitur menarik pun ditawarkan seperti foto, video sampai detail penjelasan mengenai rumah yang akan dijual. Namun kemajuan teknologi juga dimanfaatkan oleh pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan aksi penipuan. Mulai dari developer bodong, bentuk rumah yang ternyata tidak sesuai gambar dan video, sampai lokasinya yang ternyata berbeda. Untuk menghindari hal – hal tersebut, simak 5 cara membeli rumah secara online yang wajib diketahui :

 

1. Memilih Situs atau aplikasi yang tepat

 

            Sama seperti menjual rumah secara online, membeli rumah secara online juga harus diawali dengan memilih situs atau aplikasi yang kredibel dan terpercaya. Pastikan situs atau aplikasi tersebut bisa memfilter iklan yang masuk, menawarkan harga yang masuk akal, serta menyertakan rincian perusahaan dan alamat perusahaanya dengan lengkap.

 

2. Memilih developer terpercaya

 

            Jika membeli rumah dari pengembang properti, pastikan kembali legalitasnya. Cek kembali latar belakangnya mulai dari profil pengembang, rekam jejak, sistem penjualan rumah, sistem pembayaran hingga ketentuan perjanjiannya. Kementerian PUPR juga menyediakan layanan Sistem Registrasi Pengembang (SIRENG) yang bisa dimanfaatkan untuk mengecek status pengembang secara online. Hal ini dilakukan untuk memastikan legalitas dan kredibilitas dari pengembang properti yang dipilih.

 

3. Melakukan Riset

 

            Di era kemajuan teknologi seperti sekarang, memang banyak sekali situs atau aplikasi jual – beli rumah secara online. Sayangnya tidak semua situs atau aplikasi bisa menjamin keamanan transaksi yang akan dilakukan. Jadi kumpulkan berbagai informasi mengenai rumah yang akan dibeli dari situs atau aplikasi yang sudah dipilih. riview kembali bagaimana track record dari pemasang iklan yang menjual rumah di situs atau aplikasi tersebut. selain bisa juga melihat jenis rumah yang sama di situs yang berbeda. Dengan memperolah banyak informasi akan memudahkan dalam membuat keputusan.

Our Instagram

Instagram


More Feeds

Our Youtube Channel

Youtube
Watch Now

Comments

Belum ada komentar