logo
Search

Article

Search

Smart Memilih Tanah Untuk Investasi

Tue, 29 Jun 2021

0 Komentar

Xaviermarks.com – Rumah memang masih menjadi pilihan utama dalam investasi properti karena memang niai jualnya yang cukup tinggi. Selain rumah dan apartemen ada instrumen lain yang sangat menjanjikan, yaitu tanah. banyak sekali cerita yang mengatakan kalau dahulu kala orang sering menabung dengan cara membeli tanah untuk kemudian dijual atau diwariskan untuk anak – cucunya. Hal seperti ini wajar saja terjadi karena pada dasarnya harga tanah tiap tahun mengelami kenaikan. Tanah memang cocok untuk dijadikan invesatasi jangka panjang. Namun dalam memilih tanah juga tidak bisa sembarangan. Karena banyak sekali invetasi tanah yang gagal hanya perkara legalitas. Berikut adalah lima tips memilih tanah cocok untuk dijadikan invetasi.

 

1. Lokasi Strategis

 

            dalam memilih tanah untuk berinvetasi tentu pertimbagan pertama adalah soal nilai jual tanah. lokasi yang strategis, mempunyai akses yang bagus dan insfrastruktur yang lengkap. Adalah faktor yang membuat tanah mempunyai nilai investasi yang tinggi. Selain itu perhatikan juga perkembangan nilai jual tanah dan bangunanya di lokasi sekitar dari tahun ke tahun.

 

2. HBG dan HGU

 

            Legalitas menjadi instrument yang paling penting dalam membeli properti apaun jenis propertinya termasuk tanah. pastikan tanah yang akan dibeli mempunyai Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) dan Hak Guna Usaha (HGU). Setelah itu pastikan masa berlaku dari HGB dan HGU sudah dicek secara detail sebelum memutuskan untuk membeli. Selain itu untuk mempermudah pengecekan dan biar lebih valid bisa juga menggunakan jasa notaris

 

3. SHM

 

            Setelah yakin dengan legalitasnya. Lanjut ke tahap selanjutnya yaitu mengurus Sertifikat Hak Milik (SHM). Ini penting banget dilakukan untuk memastikan kejelasan status tanah yang akan dibeli selain itu bisa menghindarkan masalah status tanah di kemudian hari.

Our Instagram

Instagram


More Feeds

Our Youtube Channel

Youtube
Watch Now

Comments

Belum ada komentar